Senin, 15 September 2014

RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                         : SD Negeri Minggiran
Kelas/Semester                        : 5 ( lima ) / Gasal
Tema                                       : 1. Benda-benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema                                : 2. Perubahan Wujud Benda
Pembelajaran                           : 5
Alokasi Waktu                        : 5 JP ( satu hari )
Hari,Tanggal                           :
A.     Kompetensi Inti ( KI )
1.     Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.     Memahami pengetahan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.                    KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
KI
Kompetensi Dasar
Indikator

3



3.8


PJOK
Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air*

3.8.1


Mengenal konsep dasar koordinasi lengan dan kaki dalam renang gaya bebas
4






4.8





Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air*



4.8.1

4.8.2

4.8.3


Melakukan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya bebas
Melakukan cara bernapas renang gaya bebas
Melakukan koordinasi gerak pukulan kaki-tarikan lengan dan pernapasan renang gaya bebas
1
1.2



Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta


2
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran



3



3.4
IPA
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitarterhadap keseimbangan lingkungan sekitar

3.4.1

Mengenal perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia
4







4.7
Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.
4.7.1


4.7.2
Menjelaskan perubahan wujud benda yang terjadi karena pengaruh kegiatan manusia
Menyajikan hasil laporan analisis gambar dan bacaan tentang kegiatan manusia yang memengaruhi perubahan wujud benda
1
1.1






Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya


2
2.2.
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok


3


3.1
Bahasa Indonesia
Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1
Mengenal perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia melalui bacaan
4








4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1
 Menyimak dan menganalisis bacaan tentang pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara
1
1.2
Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam


2
2.4.
Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia



3



3.4
SBdP
Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.

3.4.1

Mengenal bahan yang sesuai, untuk membuat topeng

4




4.4
Membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi dan keseimbangan

4.4.1
Memilih bahan yang sesuai untuk membuat topeng
1
1.1
Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan


2
2.2
Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni



C.                   TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan melakukan gerak dasar renang yang berisi koordinasi gerakan tangan, kaki dan pernapasan, siswa dapat mengkoordinasikan semua gerakan tersebut dengan baik.
2.      Dengan mencari tahu bahan-bahan lain dalam pembuatan topeng, siswa dapat mengenal lebih jauh bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan topeng.
3.      Dengan memahami perubahan wujud pada benda, siswa mampu mengidentifikasi perubahan-perubahan wujud pada benda lainnya di sekitar mereka serta penjelasan terjadi perubahan tersebut.
4.      Dengan menyimak bacaan tentang pemanasan global, siswa dapat menemukan hal-hal yang penting mereka ketahui serta mencari cara mencegah pemanasan global lebih lanjut.

D.                   Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
                         
1.   PJOK                          :  Aktivitas air, yakni latihan renang gaya bebas.
2.   IPA                             :  Perubahan wujud benda
3.   Bahasa Indonesia        :  Menceritakan peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar
4.   SBdP                           :  Membuat topeng
 
E.                    Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.     Pendekatan     : Saintifik 
2.     Model              : PBL
3.     Metode                        : Tanya jawab, praktikum, diskusi, penugasan, dan pengamatan.

F.                    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
      Media        : Teks bacaan tentang perubahan wujud benda
      Alat/Bahan            : LCD Projector + Laptop
                          Buku
                          kertas bekas
                          alat praktikum perubahan wujud
                          Alat untuk membuat topeng
                                                          
      Sumber Belajar      : 
1.    Kemendikbud RI 2014, Buku Guru Kelas V Tema 1,  Sub Tema 2 Pembelajaran 5, halaman 126-131
2.    Kemendikbud RI 2014, Buku Siswa Kelas IV Tema 1, Subtema 2 Pembelajaran 5, halaman 104-109





G.                    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
PENDAHULUAN
·    MOTIVASI
  1. Guru menyampaikan selamat pagi pada peserta didik, dilanjutkan dengan berdoa.
  2. Mengajak semangat dengan “Indonesia Raya”
  3. Guru menanyakan keadaan peserta didik.
  4. Guru mengecek kehadiran peserta didik.
·    APPERSEPSI
  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran  yang akan dipelajari.
  2. Guru mengajak Peserta didik menyanyikan lagu             Garuda Di Dadaku ” dengan  penuh riang.
Catatan : ciptakan lagu sendiri agar sesuai dengan muatan pelajaran yang akan disampaikan

 10 menit
KEGIATAN INTI
1.      Siswa diminta untuk melakukan gerakan tangan, kaki, dan saat mengambil pernapasan sebagai bagian dari gerak dasar renang.
2.      Siswa bisa menanya atau meminta bantuan dari siswa lain saat melakukan gerakan-gerakan dasar ini.
3.      Guru membimbing siswa dengan memberikan contoh serta menyiapkan alat bantu lain, seperti pelampung sebagai alat bantu siswa untuk kegiatan meluncur
4.      Siswa mencari tahu bahan-bahan yang dipergunakan untuk membuat topeng, mulai dari bahan utama sampai ke langkah pewarnaan.
5.      Siswa mengamati guru dalam memberikan contoh salah satu atau dua bahan untuk membuat topeng sehingga dapat memberi gambaran kepada siswa
6.      Siswa membuat topeng yang berbahan kertas bekas
7.      Siswa menganalisis perubahan wujud benda yang terjadi pada proses perubahan wujud benda pada pembuatan topeng tersebut.
8.      Siswa menyimak beberapa bacaan yang berkaitan dengan perubahan wujud benda
9.      Siswa menuliskan contoh perubahan wujud benda berikut dengan penjelasannya.
10.  Dengan bantuan orang tuanya, siswa mencari dan memilih beberapa bahan yang lain untuk membuat topeng

Catatan : Sampaikan diawal kepada anak untuk menyiapkan alat dan bahan prakarya agar pada saat pembuatan tidak mengalami kendala ataupun kesulitan
 150 menit
KEGIATAN PENUTUP
1.       Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang proses perubahan wujud benda dan langkah-langkah pembuatan topeng yang sesuai karakteristik Daerah Istimewa Yogyakarta
2.       Siswa dan guru melaksanakan refleksi kegiatan hari ini.
3.       Siswa memimpin berdoa untuk mengakhiri pelajaran hari ini.
15 menit

H.                   PENILAIAN
a.    Teknik penilaian :
                                       i.        Penilaian Sikap  :  Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan, dan mencintai lingkungan.
                                     ii.     Penilaian Pengetahuan  : Tes tertulis.
                                   iii.        Penilaian Ketrampilan  : Unjuk kerja.

b.   Bentuk Instrumen Penilaian :

                                       i.             Penilaian Sikap

No
Nama Siswa
Sikap
Rasa Ingin Tahu
Percaya Diri
Peduli terhadap Lingkungan
Belum Tampak
Tampak
Menonjol
Belum Tampak
Tampak
Menonjol
Belum Tampak
Tampak
Menonjol
1










2










3










4










5











                                     ii.          Penilaian Pengetahuan.


images
1.      Gambar apa yang kamu lihat ?
2.      Perubahan wujud apa yang terjadi dalam peristiwa disamping?
ANd9GcRbJ2hdsqu3AaIGk93_-b3WRUp8cZb_KmEnsdf7uM-jffV-p_A2
1.      Gambar apa yang kamu lihat ?
2.      Perubahan wujud apa yang terjadi dalam peristiwa disamping?
ANd9GcRF-T-WiTgIsoseLyN0VgrxYyZy_ImCoxjvZ_ucN5eRr6_9qBHocg
1.      Gambar apa yang kamu lihat ?
2.      Perubahan wujud apa yang terjadi dalam peristiwa disamping?
1.          Dst....
      
                        iii.      Penilaian Ketrampilan :

Rubrik Tugas Mengamati Gambar dan Teks Bacaan
Kompetensi yang dinilai :
·      Pemahaman peserts didik tentang objek/gambar yang diamatidikaitkan dengan topik perubahan wujud benda
·      Keterampilan peserta didik dalam menuliskan hasil pengamatan secara rinci
·      Sikp kecermatan didalam melakukan pengamatan.
Instrumen Penilaian Ketrampilan :
No
Nama Siswa
Isi dan Pengetahuan
Ketrampilan mengomunikasikan hasil
Kemandirian dan Manajemen Waktu
(attitude)
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1













2













3













4













5


















                                                                             Yogyakarta,19 Juni 2014
Kepala Sekolah                                                    Guru Kelas,



Dulngazis,S.Pd.                                                   Indaryati, S.Pd
                                                                             NIP. 19850201 200604 2 004                                               
                           






















LAMPIRAN  :
Garuda Di Dadaku
By : Netral
Ayo putra bangsa
Harumkan negeri ini
Jadikan kita bangga
Indonesia
Tunjukan dunia
Bahwa ibu pertiwi
Pantas jadi juara
Indonesia
Jayalah negaraku
Tanah air tercinta
Indonesia raya
Jayalah negaraku
Tanah air tercinta
Indonesia raya
Reff :
Garuda di dadaku
Garuda kebanggaanku
Ku yakin hari ini pasti menang..
Kobarkan semangatmu
Tunjukkan keinginanmu
Ku yakin hari ini pasti menang..


Bilangan kuadrat antara 25 dan 500 adalah sebagai berikut.
52 = 25
82 = 64
112 = 121
142 = 196
172 = 289
202 = 400
62 = 36
92 = 81
122 = 144
152 = 225
182 = 324
212 = 441
72 = 49
102 = 100
132 = 169
162 = 256
192 = 361
222 = 484


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah          : SD Negeri Minggiran
Kelas/Semester          : V / 1
Tema                          : 1. Benda- benda dilingkungan sekitar
Sub Tema                  : 1. Wujud Cair dan Cirinya
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu         :  7 jp x 35 menit
Hari,Tanggal              : Kamis, 19 Juni  2014

I.        Kompetensi Inti (KI) :

KI.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

KI.3 Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,  menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya  di rumah, di sekolah dan tempat bermain

KI.4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


J.                     KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
No.
KI
Kompetensi Dasar
Indikator
1

SBdP



3
3.4

Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
3.4.1
Mengenal keunikan karya kerajinan dari tiap daerah di nusantara


4
4.13
Membuat karya kerajinan dari bahan tali temali
4.1.1
Kerajinan meronce
2

IPA



3
3.4











Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitarterhadap keseimbangan lingkungan sekitar
3.4.1
Mengenal berbagai perubahan wujud benda











4
4.7
Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.

4.7.1
Menyajikan hasil laporan pengamatan perubahan wujud benda

3

Bahasa Indonesia



3
3.1
Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

3.1.1
 Mengenal pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan alam

4
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

4.1.1


4.1.2
Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
Menuliskan informasi dengan menemukan kosakata baku dan tidak baku dari bacaan tentang pengaruh kegiatan manusia (sampah)terhadap keseimbangan alam dan ekosistem
4

PJOK



3
3.2
Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
3.2.1
Mengenal berbagai aktivitas gerak dalam permainan bola kecil

4.
4.2
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
4.2.1





4.2.2


4.2.3

Melakukan berbagai keterampilan dasar (melambungkan, melempar, menangkap,lari dan memukul) permainan kasti dengan kontrol yang baik
Memukul bola yang dilambungkan/ dilemparkan dengan tepat
Memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka
                 
K.                   Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar serta menganalisis gambar dengan seksama siswa dapat memahami tema yang akan dipelajari dengan teliti.
2. mengamati gambar dengan seksama siswa dapat menjawab pertanyaan berkaitan dengan tema yang sedang dipelajari.
3. Dengan mempelajari teknik dasar bermain bola kasti siswa terampil dalam mempraktekan teknik dasar bermain bola kasti dengan benar dan sportif.
4. Dengan proses pengamatan secara seksama, siswa dapat mengetahui dan menjelaskan wujud dan sifat benda serta perubahan wujudnya dengan pemikiran logis.
5. Dengan mengamati gambar kerajinan khas dari berbagai daerah siswa dapat menganalisis keunikan kerajinan khas tersebut dengan sikap penuh rasa ingin tahu.
6. Dengan menganalisa contoh hasil kerajinan ronce baik dari segi bahan, fungsi, kekuatan dan keindahan siswa dapat membuat karya ronce secara mandiri dan kreatif.
7. Dengan membaca teks bacaan siswa dapat mengisi tabel isian kosa kata dan mencari arti kata kosakata baku dan tidak baku dengan teliti.
8. Dengan membaca teks dengan seksama siswa dapat menuliskan kembali informasi penting dari bacaan dan memberikan pendapat yang logis tentang teks bacaan yang telah dibaca dengan sikap penuh percaya diri.
9. Dengan melakukan studi literatur siswa dapat mengenal kerajinan khas topeng di daerah masing-masing dan mencatat hasil penemuan mereka dengan sistematis, sikap bangga dan mencintai karya seni sendiri

L.                    Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
5.      PJOK                          :   Permainan Bola Kasti
6.      IPA                             :   Perubahan Wujud Benda
7.      Bahasa Indonesia        :   Kosa Kata Baku dan Tidak Baku  
8.      SBDP                          :   Kerajinan dengan Meronce  
            
M.   Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
5.   Pendekatan     : Saintifik 
6.   Model              : PBL
7.   Metode            : ceramah, pengamatan, diskusi,  tanya jawab, penugasan

N.                   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media                   :   benda padat disekitar sekolah, air, gambar, teks bacaan
Alat/Bahan           :   bola voli mini
Sumber Belajar    :   Maryanto, dkk. 2014. Buku  Siswa Kelas V Tema 1 “Benda- benda di Lingkungan sekitarnya  “. Buku Tematik Terpadu  Kurikulum 2013, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
O.                   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
2.     Guru memberikan motivasi belajar siswa dengan memberikan penjelasan Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat”
3.     Guru menyampaikan tema dan sub tema yang akan dipelajari.
 10 menit
Kegiatan Inti
9.    Siswa melakukan kegiatan pemanasan, yakni keterampilan variasi dan kominasi pola gerak dasar dalam permain bola besar (bola kasti mini)
10.            Siswa berdiri berkeliling membentuk setengan lingkaran dan mengamati penjelasan guru tentang cara melakukan service, passing, smash, dan membendung bola.
11.            Siswa berlatih cara melakukan service, passing, smash, dan membendung bola secara bergantian, dan berikan umpan balik.
12.            Siswa berdiskusi dalam kelompok, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa berkaitan dengan teknik-teknik dasar dalam bola kasti mini
13.            Guru berkeliling selama proses diskusi dan memandu kelompok-kelompok yang mengalami kesulitan dan mengkonfirmasikan setiap jawaban kelompok.
14.            Siswa  mengamati benda- benda padat, cair, gas yang ada disekitar lingkungan kelas/ sekolah
15.            Siswa menyebutkan wujud benda- benda yang ada dikelas yang kemudian dikelompokan menjadi benda padat, cair dan gas
16.            Siswa mengamati penjelasan guru tentang wujud benda.
17.            Siswa berdiskusi perubahan wujud benda dan ciri-cirinya dengan media lilin, kapur, dan sebagainya.
18.  Siswa menuliskan jawaban sesuai pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi.
19.  Siswa membaca teks tentang “Sampah dan lingkungannya”
20.  Siswa mengamati gambar beberapa bentuk meronce
21.  Siswa mengamati berbagai properti yang digunakan untuk meronce yang tampak pada guru.
22.  Siswa menyebutkan properti-properti yang digunakan dalam tari.
 220 menit
Kegiatan Penutup
23.  Siswa membuat kesimpulan tentang perubahan wujud benda
24.  Siswa membuat kesimpulan tentang manfaat air bagi manusia dan lingkungannya
25.  Siswa membuat sebuah kesimpulan mengenai properti yang digunakan dalam meronce
26.  Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran hari ini
27.  Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
15 menit

H. PENILAIAN
28.  Teknik penilaian  :
29.  Penilaian sikap                 :  pengamatan
30.  Penialaian pengetahuan    :  tes tertulis
31.  Penilaian keterampilan     :  penilaian unjuk kerja
32.               Instrumen :
a.       Penilaian sikap :
Rubrik Penilaian sikap
No
Aspek
Skor
Kriteria
1.
Tanggung jawab
4
Sangat bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas
3
Bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas
2
Kurang  bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas
1
Tidak bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas.
2.
Percaya diri
4
Sangat percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru.
3
Percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru
2
Kurang percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru
1
Tidak bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas.

Lembar Pengamatan :
No.
Nama Siswa
Sikap
Rt
deskripsi
Tanggung jawab
Percaya diri
4
3
2
1
Rt
4
3
2
1
Rt
1.













2.













3.













4.
Dst.












Rubrik Penilaian Pengetahuan dan  Keterampilan :
No
Aspek
Skor
Kriteria
1.
Isi dan Pengetahuan
4
Keseluruhan jawaban siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan benar dalam mengelompokkan jawaban
3
Keseluruhan jawaban siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban
2
Sebagian besar jawaban siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban
1
Hanya sebagian kecil  jawaban siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan hanya sebagian kecil benar dalam mengelompokkan jawaban
2.
Penggunaan Bahasa

4
Bahasa  Indonesia yang baik dan benar dipergunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.
3
Bahasa  Indonesia yang baik dan benar dipergunakan dengan efisien penulisan
2
Bahasa  Indonesia yang baik dan benar dipergunakan dengan efisien dalam sebagian besar penulisan
1
Bahasa  Indonesia yang baik dan benar dipergunakan dengan efisien dalam sebagai  kecil  penulisan
3.
Keterampilan Penulisan
4
Keseluruhan penulisan dari pengamatan benar, sistematis, dan jelas, dengan hasil sangat baik.
3
Keseluruhan penulisan dari pengamatan memiliki hasil baik untuk dua unsur dari ketiga kriteria (benar, Sistematis, dan jelas).
2
Sebagian besar penulisan dari pengamatan memiliki hasil cukup karena harus memenuhi 1 kriteria yang ditetapkan
1
Hanya sebagian penulisan dari pengamatan perlu peningkatan karena belum memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Lembar Pengamatan :
No.
Nama Siswa
Sikap
Skor
Isi dan Pengetahuan
Penggunaan Bahasa
Keterampilan Penulisan
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.














2.














3.














4.
Dst.














Mengetahui                                                           Yogyakarta,18 Juni  2014
Kepala Sekolah                                                     Guru Kelas


Siyam Mardini, M.Pd                                           Siwi Kusuma Astuti.SPd
NIP. 19701114 199203 2 004                              NITB. 2057

Tidak ada komentar:

Posting Komentar