RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SD Negeri Minggiran
Kelas/Semester :
5 ( lima ) / Gasal
Tema : 1. Benda-benda
di Lingkungan Sekitar
Sub Tema : 2. Perubahan
Wujud Benda
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu :
5 JP ( satu hari )
Hari,Tanggal :
A.
Kompetensi Inti ( KI )
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah
air.
|
3. Memahami pengetahan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
KOMPETENSI DASAR &
INDIKATOR
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
||
3
|
3.8
|
PJOK
Memahami konsep salah satu gaya renang dengan
koordinasi yang baik dalam aktivitas air*
|
3.8.1
|
Mengenal
konsep dasar koordinasi
lengan dan kaki dalam renang gaya bebas
|
4
|
4.8
|
Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi
yang baik dalam aktivitas air*
|
4.8.1
4.8.2
4.8.3
|
Melakukan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya
bebas
Melakukan cara bernapas renang gaya bebas
Melakukan koordinasi gerak
pukulan kaki-tarikan lengan dan pernapasan renang gaya bebas
|
1
|
1.2
|
Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur
kepada sang Pencipta
|
||
2
|
2.2
|
Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
|
||
3
|
3.4
|
IPA
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam,
hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia
terhadap keseimbangan lingkungan sekitarterhadap keseimbangan lingkungan
sekitar
|
3.4.1
|
Mengenal perubahan wujud benda yang terjadi karena
kegiatan manusia
|
4
|
4.7
|
Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat
terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa
yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.
|
4.7.1
4.7.2
|
Menjelaskan perubahan wujud benda yang terjadi karena pengaruh
kegiatan manusia
Menyajikan hasil laporan analisis gambar dan bacaan
tentang kegiatan manusia yang memengaruhi perubahan wujud benda
|
1
|
1.1
|
Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
||
2
|
2.2.
|
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun
berkelompok
|
||
3
|
3.1
|
Bahasa Indonesia
Menggali informasi dari teks laporan buku tentang
makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta
alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
3.1.1
|
Mengenal perubahan wujud benda yang terjadi karena
kegiatan manusia melalui bacaan
|
4
|
4.1
|
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku
tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan
ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
4.1.1
|
Menyimak dan
menganalisis bacaan tentang pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi
alam serta cara
|
1
|
1.2
|
Meresapi
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan
lingkungan alam
|
||
2
|
2.4.
|
Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa
cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta
kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
|
||
3
|
3.4
|
SBdP
Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya
kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
|
3.4.1
|
Mengenal
bahan yang sesuai, untuk membuat topeng
|
4
|
4.4
|
Membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan
proporsi dan keseimbangan
|
4.4.1
|
Memilih bahan
yang sesuai untuk membuat topeng
|
1
|
1.1
|
Menerima kekayaan dan keragaman karya
seni daerah sebagai anugerah Tuhan
|
||
2
|
2.2
|
Menghargai
alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
|
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Dengan
melakukan gerak dasar renang yang berisi koordinasi gerakan tangan, kaki dan
pernapasan, siswa dapat mengkoordinasikan semua gerakan tersebut dengan baik.
2. Dengan
mencari tahu bahan-bahan lain dalam pembuatan topeng, siswa dapat mengenal
lebih jauh bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan topeng.
3. Dengan
memahami perubahan wujud pada benda, siswa mampu mengidentifikasi
perubahan-perubahan wujud pada benda lainnya di sekitar mereka serta penjelasan
terjadi perubahan tersebut.
4. Dengan
menyimak bacaan tentang pemanasan global, siswa dapat menemukan hal-hal yang
penting mereka ketahui serta mencari cara mencegah pemanasan global lebih
lanjut.
D.
Materi Pembelajaran (Rincian dari
Materi Pokok)
1. PJOK : Aktivitas
air, yakni latihan renang gaya bebas.
2. IPA : Perubahan
wujud benda
3. Bahasa Indonesia
: Menceritakan
peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar
4. SBdP : Membuat topeng
E.
Metode Pembelajaran (Rincian dari
Kegiatan Pembelajaran)
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model :
PBL
3. Metode :
Tanya jawab, praktikum, diskusi,
penugasan, dan pengamatan.
F.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
Media : Teks bacaan
tentang perubahan wujud benda
Alat/Bahan : LCD Projector + Laptop
Buku
kertas
bekas
alat praktikum perubahan wujud
Alat untuk membuat topeng
Sumber Belajar :
1.
Kemendikbud RI 2014, Buku Guru
Kelas V Tema 1, Sub Tema 2 Pembelajaran 5, halaman
126-131
2.
Kemendikbud RI 2014, Buku Siswa
Kelas IV Tema 1,
Subtema 2 Pembelajaran 5, halaman 104-109
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
· MOTIVASI
·
APPERSEPSI
Catatan : ciptakan lagu sendiri agar sesuai
dengan muatan pelajaran yang akan disampaikan
|
10 menit
|
KEGIATAN INTI
|
1. Siswa
diminta untuk melakukan gerakan tangan, kaki, dan saat mengambil pernapasan
sebagai bagian dari gerak dasar renang.
2. Siswa
bisa menanya atau meminta bantuan dari siswa lain saat melakukan
gerakan-gerakan dasar ini.
3. Guru
membimbing siswa dengan memberikan contoh serta menyiapkan alat bantu lain,
seperti pelampung sebagai alat bantu siswa untuk kegiatan meluncur
4. Siswa
mencari tahu bahan-bahan yang dipergunakan untuk membuat topeng, mulai dari
bahan utama sampai ke langkah pewarnaan.
5. Siswa mengamati guru dalam memberikan contoh
salah satu atau dua bahan untuk membuat topeng sehingga dapat memberi gambaran
kepada siswa
6. Siswa membuat topeng yang berbahan kertas bekas
7. Siswa menganalisis perubahan wujud benda yang terjadi
pada proses perubahan wujud benda pada pembuatan topeng tersebut.
8. Siswa
menyimak beberapa bacaan
yang berkaitan dengan perubahan wujud benda
9. Siswa
menuliskan contoh perubahan wujud benda berikut dengan penjelasannya.
10. Dengan
bantuan orang tuanya, siswa mencari dan memilih beberapa bahan yang lain untuk membuat topeng
Catatan :
Sampaikan diawal kepada anak untuk menyiapkan alat dan bahan prakarya agar
pada saat pembuatan tidak mengalami kendala ataupun kesulitan
|
150 menit
|
KEGIATAN PENUTUP
|
1.
Siswa bersama guru
membuat kesimpulan tentang proses perubahan wujud benda dan langkah-langkah pembuatan topeng yang sesuai karakteristik Daerah Istimewa Yogyakarta
2.
Siswa dan guru melaksanakan
refleksi kegiatan hari ini.
3.
Siswa memimpin berdoa
untuk mengakhiri
pelajaran hari ini.
|
15 menit
|
H.
PENILAIAN
a. Teknik penilaian :
i. Penilaian Sikap : Rasa
ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan, dan mencintai lingkungan.
ii. Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis.
iii. Penilaian Ketrampilan : Unjuk kerja.
b. Bentuk Instrumen Penilaian :
i.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Rasa Ingin Tahu
|
Percaya Diri
|
Peduli terhadap
Lingkungan
|
||||||||
Belum Tampak
|
Tampak
|
Menonjol
|
Belum Tampak
|
Tampak
|
Menonjol
|
Belum Tampak
|
Tampak
|
Menonjol
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
ii.
Penilaian Pengetahuan.
![]() |
1. Gambar apa yang kamu lihat ?
2. Perubahan wujud apa yang terjadi dalam
peristiwa disamping?
|
![]() |
1. Gambar apa yang kamu lihat ?
2. Perubahan wujud apa yang terjadi dalam
peristiwa disamping?
|
![]() |
1. Gambar apa yang kamu lihat ?
2. Perubahan wujud apa yang terjadi dalam
peristiwa disamping?
|
1.
Dst....
|
iii.
Penilaian Ketrampilan :
Rubrik Tugas Mengamati
Gambar dan Teks Bacaan
Kompetensi yang
dinilai :
· Pemahaman peserts
didik tentang objek/gambar yang diamatidikaitkan dengan topik perubahan
wujud benda
· Keterampilan peserta
didik dalam menuliskan hasil pengamatan secara rinci
· Sikp kecermatan
didalam melakukan pengamatan.
|
![](file:///C:\Users\User\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image007.gif)
Instrumen Penilaian
Ketrampilan :
No
|
Nama Siswa
|
Isi dan Pengetahuan
|
Ketrampilan
mengomunikasikan hasil
|
|
||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
||||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
4
|
||||||||||||||
5
|
Yogyakarta,19
Juni 2014
Kepala Sekolah Guru
Kelas,
Dulngazis,S.Pd. Indaryati, S.Pd
NIP.
19850201
200604 2 004
LAMPIRAN :
Garuda
Di Dadaku
By : Netral
Ayo putra bangsa
Harumkan negeri ini
Jadikan kita bangga
Indonesia
Tunjukan dunia
Tunjukan dunia
Bahwa ibu pertiwi
Pantas jadi juara
Indonesia
Jayalah negaraku
Jayalah negaraku
Tanah air tercinta
Indonesia raya
Jayalah negaraku
Tanah air tercinta
Indonesia raya
Reff :
Reff :
Garuda di dadaku
Garuda kebanggaanku
Ku yakin hari ini pasti menang..
Kobarkan semangatmu
Tunjukkan keinginanmu
Ku yakin hari ini pasti menang..
Bilangan kuadrat antara
25 dan 500 adalah sebagai berikut.
52 = 25
|
82 = 64
|
112 = 121
|
142 = 196
|
172 = 289
|
202 = 400
|
62 = 36
|
92 = 81
|
122 = 144
|
152 = 225
|
182 = 324
|
212 = 441
|
72 = 49
|
102 = 100
|
132 = 169
|
162 = 256
|
192 = 361
|
222 = 484
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SD Negeri Minggiran
Kelas/Semester :
V / 1
Tema
: 1. Benda-
benda dilingkungan sekitar
Sub Tema : 1. Wujud Cair
dan Cirinya
Pembelajaran : 5
Alokasi
Waktu :
7 jp x 35 menit
Hari,Tanggal : Kamis, 19
Juni 2014
I.
Kompetensi Inti (KI) :
KI.1 Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
KI.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
serta cinta tanah air.
|
KI.3
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain
|
KI.4
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
J.
KOMPETENSI DASAR &
INDIKATOR
No.
|
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
||
1
|
SBdP
|
||||
3
|
3.4
|
Memahami prosedur dan
langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
|
3.4.1
|
Mengenal keunikan
karya kerajinan dari tiap daerah di nusantara
|
|
4
|
4.13
|
Membuat karya kerajinan
dari bahan tali temali
|
4.1.1
|
Kerajinan meronce
|
|
2
|
IPA
|
||||
3
|
3.4
|
Mengidentifikasi perubahan yang
terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh
kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitarterhadap
keseimbangan lingkungan sekitar
|
3.4.1
|
Mengenal berbagai perubahan wujud
benda
|
|
4
|
4.7
|
Menyajikan hasil laporan tentang
permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta
memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.
|
4.7.1
|
Menyajikan hasil laporan pengamatan
perubahan wujud benda
|
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
||||
3
|
3.1
|
Menggali informasi
dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia,
keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
|
3.1.1
|
Mengenal pengaruh kegiatan manusia terhadap
keseimbangan alam
|
|
4
|
4.1
|
Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai
makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh
kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
|
4.1.1
4.1.2
|
Menjelaskan isi
informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
Menuliskan informasi dengan
menemukan kosakata baku dan tidak baku dari bacaan tentang pengaruh kegiatan
manusia (sampah)terhadap keseimbangan alam dan ekosistem
|
|
4
|
PJOK
|
||||
3
|
3.2
|
Memahami konsep variasi dan kombinasi
pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola
kecil.
|
3.2.1
|
Mengenal
berbagai aktivitas gerak dalam permainan bola kecil
|
|
4.
|
4.2
|
Mempraktikkan variasi dan kombinasi
pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan
atau olahraga tradisional bola kecil
|
4.2.1
4.2.2
4.2.3
|
Melakukan berbagai
keterampilan dasar (melambungkan, melempar, menangkap,lari dan memukul)
permainan kasti dengan kontrol yang baik
Memukul bola yang
dilambungkan/ dilemparkan dengan tepat
Memperkirakan kemampuan
berlari untuk mencetak angka
|
K.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati
gambar serta menganalisis gambar dengan seksama siswa dapat memahami tema
yang akan dipelajari dengan teliti.
2. mengamati gambar
dengan seksama siswa dapat menjawab pertanyaan berkaitan dengan tema yang
sedang dipelajari.
3. Dengan mempelajari
teknik dasar bermain bola kasti siswa terampil dalam mempraktekan teknik
dasar bermain bola kasti dengan benar dan sportif.
4. Dengan proses
pengamatan secara seksama, siswa dapat mengetahui dan menjelaskan wujud dan
sifat benda serta perubahan wujudnya dengan pemikiran logis.
5. Dengan mengamati
gambar kerajinan khas dari berbagai daerah siswa dapat menganalisis keunikan
kerajinan khas tersebut dengan sikap penuh rasa ingin tahu.
6. Dengan menganalisa
contoh hasil kerajinan ronce baik dari segi bahan, fungsi, kekuatan dan
keindahan siswa dapat membuat karya ronce secara mandiri dan kreatif.
7. Dengan membaca teks
bacaan siswa dapat mengisi tabel isian kosa kata dan mencari arti kata
kosakata baku dan tidak baku dengan teliti.
8. Dengan membaca teks
dengan seksama siswa dapat menuliskan kembali informasi penting dari bacaan
dan memberikan pendapat yang logis tentang teks bacaan yang telah dibaca
dengan sikap penuh percaya diri.
9. Dengan
melakukan studi literatur siswa dapat mengenal kerajinan khas topeng di
daerah masing-masing dan mencatat hasil penemuan mereka dengan sistematis,
sikap bangga dan mencintai karya seni sendiri
|
L.
Materi Pembelajaran
(Rincian dari Materi Pokok)
5.
PJOK :
Permainan Bola Kasti
6.
IPA : Perubahan Wujud Benda
7.
Bahasa
Indonesia : Kosa Kata
Baku dan Tidak Baku
8.
SBDP
:
Kerajinan dengan Meronce
M. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
5.
Pendekatan : Saintifik
6.
Model :
PBL
7.
Metode : ceramah,
pengamatan, diskusi, tanya jawab,
penugasan
N.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
Media : benda padat
disekitar sekolah, air, gambar, teks bacaan
Alat/Bahan : bola voli mini
Sumber Belajar
: Maryanto,
dkk. 2014. Buku Siswa Kelas V Tema 1
“Benda- benda di Lingkungan sekitarnya
“. Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
O.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
2. Guru
memberikan motivasi belajar siswa dengan memberikan penjelasan “Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat
Jiwa Yang Kuat”
3. Guru menyampaikan tema dan sub tema yang akan
dipelajari.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
9. Siswa melakukan kegiatan pemanasan, yakni keterampilan
variasi dan kominasi pola gerak dasar dalam permain bola besar (bola kasti
mini)
10.
Siswa berdiri berkeliling membentuk setengan lingkaran dan mengamati
penjelasan guru tentang cara melakukan service, passing, smash, dan
membendung bola.
11.
Siswa berlatih cara melakukan service, passing, smash, dan membendung
bola secara bergantian, dan berikan umpan balik.
12.
Siswa berdiskusi dalam kelompok, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang ada di buku siswa berkaitan dengan teknik-teknik dasar dalam bola kasti
mini
13.
Guru berkeliling selama proses diskusi dan memandu kelompok-kelompok yang
mengalami kesulitan dan mengkonfirmasikan setiap jawaban kelompok.
14.
Siswa mengamati benda- benda
padat, cair, gas yang ada disekitar lingkungan kelas/ sekolah
15.
Siswa menyebutkan wujud benda- benda yang ada dikelas yang kemudian
dikelompokan menjadi benda padat, cair dan gas
16.
Siswa mengamati penjelasan guru tentang wujud benda.
17.
Siswa berdiskusi perubahan wujud benda dan ciri-cirinya dengan media
lilin, kapur, dan sebagainya.
18. Siswa menuliskan jawaban sesuai pertanyaan pada buku
siswa berdasarkan hasil diskusi.
19. Siswa membaca teks tentang “Sampah dan lingkungannya”
20. Siswa mengamati gambar beberapa bentuk meronce
21. Siswa mengamati berbagai properti yang digunakan untuk
meronce yang tampak pada guru.
22. Siswa menyebutkan properti-properti yang digunakan
dalam tari.
|
220
menit
|
Kegiatan Penutup
|
23. Siswa membuat kesimpulan tentang perubahan wujud benda
24. Siswa membuat kesimpulan tentang manfaat air bagi
manusia dan lingkungannya
25. Siswa membuat sebuah kesimpulan mengenai properti yang
digunakan dalam meronce
26. Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran
hari ini
27. Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
|
15
menit
|
H. PENILAIAN
28. Teknik penilaian :
29. Penilaian
sikap : pengamatan
30. Penialaian
pengetahuan : tes tertulis
31. Penilaian
keterampilan : penilaian unjuk kerja
32.
Instrumen :
a.
Penilaian sikap :
Rubrik Penilaian sikap
No
|
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
1.
|
Tanggung
jawab
|
4
|
Sangat bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas
|
3
|
Bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas
|
||
2
|
Kurang bertanggungjawab dalam
melaksanakan tugas
|
||
1
|
Tidak bertanggungjawab dalam
melaksanakan tugas.
|
||
2.
|
Percaya
diri
|
4
|
Sangat percaya diri dalam
melaksanakan tugas dari guru.
|
3
|
Percaya diri dalam melaksanakan
tugas dari guru
|
||
2
|
Kurang percaya diri dalam
melaksanakan tugas dari guru
|
||
1
|
Tidak bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas.
|
Lembar Pengamatan :
No.
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Rt
|
deskripsi
|
|||||||||
Tanggung
jawab
|
Percaya
diri
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
Rt
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Rt
|
||||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
3.
|
|||||||||||||
4.
|
Dst.
|
Rubrik Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan :
No
|
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
1.
|
Isi dan
Pengetahuan
|
4
|
Keseluruhan jawaban siswa sesuai
dengan gambar yang diamati dan benar dalam mengelompokkan jawaban
|
3
|
Keseluruhan jawaban siswa sesuai
dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan
jawaban
|
||
2
|
Sebagian besar jawaban siswa sesuai
dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan
jawaban
|
||
1
|
Hanya sebagian kecil
jawaban siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan hanya sebagian
kecil benar dalam mengelompokkan jawaban
|
||
2.
|
Penggunaan Bahasa
|
4
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dipergunakan
dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.
|
3
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dipergunakan
dengan efisien penulisan
|
||
2
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dipergunakan
dengan efisien dalam sebagian besar penulisan
|
||
1
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dipergunakan
dengan efisien dalam sebagai
kecil penulisan
|
||
3.
|
Keterampilan
Penulisan
|
4
|
Keseluruhan penulisan
dari pengamatan benar, sistematis, dan jelas, dengan hasil sangat baik.
|
3
|
Keseluruhan penulisan
dari pengamatan memiliki hasil baik untuk dua unsur dari ketiga kriteria
(benar, Sistematis, dan jelas).
|
||
2
|
Sebagian besar
penulisan dari pengamatan memiliki hasil cukup karena harus memenuhi 1
kriteria yang ditetapkan
|
||
1
|
Hanya sebagian
penulisan dari pengamatan perlu peningkatan karena belum memenuhi kriteria
yang ditetapkan.
|
Lembar Pengamatan :
No.
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Skor
|
|||||||||||
Isi dan
Pengetahuan
|
Penggunaan
Bahasa
|
Keterampilan
Penulisan
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
4.
|
Dst.
|
Mengetahui Yogyakarta,18
Juni 2014
Kepala Sekolah Guru Kelas
Siyam Mardini, M.Pd Siwi
Kusuma Astuti.SPd
NIP. 19701114 199203 2 004 NITB. 2057
Tidak ada komentar:
Posting Komentar